Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung diasosiasikan dengan banyak angin tersimpan tak bisa keluar dari perut, baik lambung maupun usus kecil dan usus besar. Menurut ilmu akupresur, perut kembung disebabkan oleh fungsi lambung dan limpa mengalami gangguan, baik karena penyebab penyakit luar maupun penyebab penyakit dalam.

Ketidakcocokan makanan dapat membuat perut kembung, walaupun hal ini bukan merupakan kejadan yang umum seperti yang Anda kira. Jika penyebab perut kembung adalah makanan yang tidak perlu dimakan, Anda bisa berhenti mengkonsumsi makanan tersebut selama beberapa minggu untuk merasakan perubahannya. Jangan mengurnagi semua makanan dalam satu kelompok makanan, seperti produk susu, datau makanan yang sulit dihindari seperti padai-padian. Jika perut Anda kembung karena gas, meminum air putih hangat dapat menghilangkan gas dengan cepat.
Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di perut. Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan cara buang angin atau bersendawa.
Ada beberapa cara mengatasi perut kembung, yakni :
1. Melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup, salah satunya pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh seperti kentang, beras, jeruk, anggur serta menghindari makanan yang mengandung gas tinggi (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong).
2. Beberapa orang terkadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik.
3. Sebaiknya makan 6 kali sehari dengan porsi kecil dibandingkan dengan tiga kali dalam porsi besar. Karena makanan yang lebih kecil akan lebih mudah dicerna serta lebih sedikit menghasilkan gas.
Posted in Mengatasi Perut Kembung | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Mengatasi Masalah Perut Kembung

Perut kembung adalah suatu kondisi saat gas terkumpul di dalam lambung atau usus melebihi keadaan normal, menimbulkan perasaan yang tidak enak, dan ada kalanya disertai sakit. Penyeba dari penyakit perut kembung ini adalah beberapa gas tertelan bersama makanan, seperti gas nitrogen maupun oksigen. Selain itu, juga karena adanya gas karbondioksida, hydrogen, dan metan yang dihasilkan oleh peragian zat karbohidrat dan selulosa oleh baiteri usus.  Perut kembung juga dapat dikarenakan oleh air. Cairann air di dalam tubuh tidak tersalurkan dengan baik, karena fungsi limpa tidak baik sehingga menumpuk di dalam lambung. Perut berbunyi dan membesar seperti ada air didalamnya. Keempat anggota badan membengkak. Warna kulit agak mengkilap, kencing sendikit dan napas agak pendek, perut jika ditekan terasa enak. Itu semua merupakan gejala dari perut kembung karena air.  Hal yang harus dialkukan adalah cara mengatasi masalah perut kembung  ini.
Perut kembung karena emosu tidak tersalurkan juga bisa terjadi. Perasaan  jengkel, marah, sedih, dan tekanan emosi lainnya yang berkeoanjangan dan tidak tersalurkan menimbulkan hawa menumpuk di dalam tubuh. Organ yang terganggu terutama adalah hati. Hati tidak bisa mengatasi tekanan atau pengaruh jelek lambung . Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan perut kembung.  Gejala yang dirasakan pada penyebab perut kembung ini adalah badan kurus, kalau perut ditekan seperti ada yang naik disekitar dada, terasa ada gumpalan-gumpalan, perut bengkak, kadang-kadang terasa ringan, lain kali terasa berat.  Cara mengatasi masalah perut kembung ini tidak harus dengan selalu mengonsumsi obat dokter.
Ada penderita yang kemudian selalu bergantung pada obat-obat penetral asam (antasida) tanpa bersedia mencari penyebabnya untuk mengatasi masalah perut kembung ini. Dengan begitu gejala yang muncul setiap hari akan dianggap kecil dan membiarkannya terlalu lama. Padahal gangguan lambung ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Komplikasi tersebut antara lain timbulnya parut-parut luka pada lambung, dapat mempersempit saluran kerongkongan, bahkan “Esofagus Barret” yang merupakan tanda dini adanya proses keganasan atau kanker.
Banyak obat-obatan yang dijual bebas, ditawarkan sebagai anti kembung maupun untuk mentralkan asam lambung. Dokter pun akan memberikan obat-obatan semacam ini. Namun lebih baik jika dapat mengatasinya tanpa menggunakan obat, melainkan mengubah pola kebiasaan salah yang dapat menyebabkan gangguan lambung tersebut.
Sehabis makan seyogyanya tidak segera berbaring, tetapi menunggu dulu sampai kira0kira 2-3 jam. Lebih baik makan sedikit tetapi berangsur-angsur daripada sekaligus dalam jumlah banyak. Sedapat mungkin hindarkan atau kurangi kebiasaan minum-minuman mengandung alkohol, kafein, dan merokok.  Meninggikan bagian kepala jika sedang tidur, kira-kira 15 sentimeter , misalnya mengganjalkan dengan bantal, merupakan kebiasaan baik daripada tidur tanoa batal. Jagalah dada agar tetap diatas, sehingga mengurangi kemungkinan cairan asam lambung mengalir ke kerongkingan ketiksa sedang terlentang.
Posted in 

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pola makan tidak teratur dan kurang beristirahat seringkali membuat perut menjadi kembung. Perut kembung sering membuat seseorang merasa tidak nyaman dan membuat seseorang kesulitan dalam melakukan aktivitasnya kembali.
Perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak, hingga balita pun sering mengalami perut kembung. Namun banyak cara dalam mengatasi dan menetralisir perut kembung yang diderita.
1. Mengatasi perut kembung pada bayi:
Jika bayi dan anak-anak Anda mengalami perut kembung, dengan cara :
- Menggosok perut bayi atau anak dengan perlahan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon.
- Diberi minum air hangat atau mengelapkan tubuh bayi atau anak dengan handuk kecil yang telah direndam air hangat.
- Atau dengan cara alami yakni dengan bawang merah yang tumbuk kasar dan dicampur dengan minyak telon, kemudian balurkan ke bagian perut hingga bagian punggung anak.
2. Mengatasi perut kembung pada orang dewasa
- Ambillah 5 helai daun delima putih dan 1/2 gelas air. Cuci bersih bahan-bahan sambil diremas-remas. Tambahkan air, lalu masak mendidih. Setelah dingin, saring. Minumlah airnya sampai habis dan lakukan 3 kali sehari.
- Ambillah 1/2 jari rimpang temulawak, 1/2 jempol buah asam jawa, 1/2 jempol gula aren dan 1/2 gelas air. Setelah itu, cuci bersih temulawak, lalu parut. Tambahkan asam jawa dan air, kemudian peras. Tambahkan gula aren ke dalam air hasil perasan, lalu aduk hingga tercampur rata. Minum tiap pagi dan sore hari hingga sembuh.

Tips Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan masalah gangguan kesehatan yang pastinya setiap orang sering mengalaminya, perut kembung merupakan reaksi dari berlebihnya konsumsi makanan atau minuman atau dapat juga disebabkan oleh banyaknya porsi makan sekali santap, sehingga organ-organ pencernaan tak mampu bekerja dengan baik dalam makanan sehingga mengakibatkan perut kembung atau “begah”.
Perut kembung dapat menyebabkan rasa sembelit, susah buang air besar, susah buang angin, nyeri perut dll. Pola makan tidak teratur dan kurang beristirahat seringkali membuat perut menjadi kembung.
Perut kembung sebenarnya merupakan pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh, dan dapat menyebabkan sakit perut.
Berikut tips mengatasi perut kembung :
1. Hindari minuman manis beralkohol
Waspadai mengkonsumsi gula pengganti, seperti sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.
2. Mengurangi garam
Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam. Misalnya, daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah.
3. Banyak minum air putih
Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Minum beberapa gelas air putih akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti air.
4. Membatasi makan
Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan tetapi juga bisa menjadi cara terbaik untuk melawan perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.
5. Mengurangi susu yang mengandung laktosa
Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami (laktosa), yang dapat mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yogurt, karena dapat menyebabkan kram perut.
6. Bergerak
Bangkit dari tempat duduk Anda, jika perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu latihan atau olahraga jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Latihan adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh. Namun, jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius.